Ambulu, Satu-Satunya Wilayah Lunas PBB di Jember


Jember – Kecamatan Ambulu menjadi satu-satunya kecamatan yang berhasil mempertahankan budaya lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Tahun ini, wilayah dengan baku pajak senilai hampir Rp 1 miliar tersebut, menjadi satu-satunya wilayah yang mencapai 100% pelunasan PBB-nya. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Jember, Drs. Suprapto, MM.

Suprapto menjelaskan, dari 31 kecamatan yang ada hanya ada satu kecamatan yakni Kecamatan Ambulu. Namun juga ada beberapa wilayah yang capaiannya lebih dari 80%. Dan hal tersebut selalu sama dari tahun ke tahun.

Selain itu, mantan Kepala Bapekab Jember tersebut juga menjelaskan, kalau juga ada wilayah yang masih memiliki tanggungan cukup besar yakni, Kecamatan Kaliwates. Mereka masih memiliki tanggungan sebesar Rp 2 miliar dari nilai baku sekitar Rp 4 miliar. Demikian halnya dengan Kecamatan Patrang, masih punya tanggungan sekitar Rp 800 juta, dan Kecamatan Sumbersari punya tanggungan sebesar Rp 700 juta.

“Perolehan PBB tahun 2010 belum memenuhi target, dari 31 kecamatan hanya 1 kecamatan yang lunas, yakni Kecamatan Ambulu. Juga ada kecamatan yang masih punya tanggungan besar yakni Kecamatan Kaliwates sekitar Rp 2 miliar, Kecamatan Patrang sekitar Rp 800 juta dan Kecamatan Sumbersari sekitar Rp 700 juta,“ paparnya.

Camat Ambulu, Drs. Moch. Suryadi saat dikonfirmasi seputar kiatnya dalam mempertahankan tradisi lunas PBB, Rabu (2/2) lalu di kantornya, membenarkan apa yang disampaikan oleh Kadispenda. Menurutnya, masalah lunas PBB itu berkat kerja keras semua pihak, khususnya para kepala desa dan tim pemungut di lapangan. Mereka sudah memiliki sistem yang bagus dalam menarik pajak.

Dia juga menjelaskan, kalau apa yang selama ini dilakukannya hanya sebatas melakukan pemantauan dan pengawasa. Selain itu dirinya tak pernah lepas dalam melakukan komunikasi dengan mereka. Karena dengan komunikasi tersebut dapat diperoleh sebuah hubungan yang mampu memberikan pemahaman akan pentingnya hak dan tanggung jawab masing-masing.

Selain itu, keberhasilan lunas PBB tidak lepas dari bagusnya managemen di desa, kemudian komunikasi diantara mereka dengan rakyatnya, kontinuitas penarikan pajak, dan tak terlepas dari kesadaran masing-masing warga. “Keberhasilan itu berkat kerja keras mereka, dimana mereka sudah punya managemen yang bagus, komunikasi yang bagus, kontinuitas penarikan dan tak kalah pentingnya kesadaran warga itu sendiri,“ ujarnya. [reporter Gangsar Widodo – http://www.pastinews.com/?p=8473 ]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: